Dinas Pendidikan Kotim Gelar Sosialisasi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

  • Selasa, 17 Maret 2020 - 14:07:22 WIB
  • Administrator
Dinas Pendidikan Kotim Gelar Sosialisasi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

SAMPIT, DISDIK KOTIM - Mulai semester ini, satuan pendidikan tidak lagi melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 43 Tahun 2019, USBN diubah menjadi Ujian Sekolah yang seluruh penilaian sepenuhnya diserahkan kepada satuan pendidikan.

Guna menyamakan persepsi, Dinas Pendidikan menggelar sosialisasi di SMKN 2 Sampit, Jln. Sawit Raya, Sampit, Senin(9/3/2020). Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisidk) Kotawaringin Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Muhammad Irfansyah, SH., M. Si, dan dihadiri seluruh kepala SMP/MTs, SMA, SMK, Pengelola PKBM Paket B dan C Se Kotawaringin Timur.

Salah satu perubahan yang paling mencolok pada Ujian Tahun ini, lanjutnya, yakni penilaian diserahkan langsung kepada satuan pendidikan dalam berbagai bentuk ujian. "Framenya, ujian sekolah ini sepenuhnya diserahkan kepada sekolah. Kepala sekolah tinggal menjalankan saja sesuai kompetensi peserta didiknya," tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan, dalam sambutannya mengatakan, sebagai penunjang atau salah satu kunci sukses pelaksana UN adalah kesiapan sarana dan prasarana. Seperti komputer, jaringan internet dan listrik.

“Sarana dan Prasana itu merupakan salah satu kunci sukses pelaksana UN. Kalau semuanya ada, ya UN bisa berjalan lancar,” ujarnya.  Untuk itu, seluruh pelaksana harus betul-betul  mempersiapkan segala sesuatunya sebelum UNBK tahun ini berlangsung.

Jika dalam prosesnya ada kendala, khususnnya yang berkaitan dengan teknis, dia mengimbau agar pihak pelaksana berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Saya berharap koordinasi tidak terputus sehingga pelaksana UN tahun ini berjalan lancar, sukses dan tanpa kendala yang cukup berarti,” pungkasnya.

Pada sosialisasi tersebut, materi disampaikan oleh koordinator pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.***

  • Selasa, 17 Maret 2020 - 14:07:22 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait